Novelty Artikel dan Analisis Kritis Artikel: R&D
Novelty Artikel dan
Analisis Kritis Artikel: R&D
Nama :
Amilya Maulidatul Chasanah
NIM :
220321603465
Offering : D
|
1. |
Judul
Artikel |
Pengembangan
Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe yang Diintegrasikan dengan Wondershare
Filmora pada Mata Pelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana Alam |
|
2. |
Penulis |
Yunita
Bouato, Fitryane Lihawa, Rusiyah Rusiyah. |
|
3. |
Tahun
Terbit |
2020 |
|
4. |
Tujuan |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran berbasis Sparkol VideoScribe yang diintegrasikan dengan Wondershare Filmora pada materi mitigasi bencana alam. |
|
5. |
Metode |
Research
and development (R&D) |
|
6. |
Teknik
Analisis |
Analisis
data dilakukan dengan mengevaluasi keefektifan media melalui umpan balik dari
guru dan siswa, serta observasi saat penggunaan media dengan pendekatan
kualitatif. |
|
7. |
Instrumen
Penelitian |
Observasi,
wawancara, angket, dan dokumentasi. |
|
8. |
Hasil
dan Pembahasan |
Hasil
menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan efektif dalam
meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi mitigasi bencana alam,
serta memudahkan proses pembelajaran. |
|
9. |
Kesimpulan |
Media
berbasis Sparkol Videoscribe dan Wondershare Filmora dapat meningkatkan
kualitas pembelajaran geografi, khususnya pada materi mitigasi bencana alam. |
|
10. |
Kelemahan |
Kelemahan
penelitian ini terletak pada keterbatasan dalam pengujian jangka panjang dan
jumlah responden yang relatif kecil, yang mungkin mempengaruhi hasil. |
|
11. |
Novelty |
Keterbaruan
dari penelitian ini adalah integrasi penggunaan dua aplikasi multimedia dalam
satu media pembelajaran, yang menawarkan pendekatan inovatif untuk pengajaran
geografi. |
|
12. |
Link
Artikel |
DAFTAR RUJUKAN
Bouato, Y., Lihawa, F., & Rusiyah, R. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE YANG DIINTEGRASIKAN DENGAN WONDERSHARE FILMORA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI MITIGASI BENCANA ALAM. JAMBURA GEO EDUCATION JOURNAL, 1(2), 71–79. https://doi.org/10.34312/jgej.v1i2.7131
Komentar
Posting Komentar