Novelty dan Analisis Kritis Artikel: Rancangan Penelitian Campuran
Analisis Kritis Artikel Penelitian dan Novelty Artikel (Novelty)
Nama :
Amilya Maulidatul Chasanah
NIM :
220321603465
Offering :
D
Novelty Artikel dan Analisis Kritis Artikel: Rancangan
Penelitian Campuran (Convergent-Parallel
Approach)
|
1. |
Judul
Artikel |
Pengembangan Media Digital STEM untuk
Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Hukum Archimedes. |
|
2. |
Penulis
|
Adhitya
Rahardhian, Indri Astuti, Haratua Tiur Maria. |
|
3. |
Tahun
Terbit |
2023 |
|
4. |
Tujuan |
Mengembangkan media digital
berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) menggunakan
Google Sites untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada
materi Hukum Archimedes. |
|
5. |
Metode |
Jenis penelitian adalah Research
& Development (R&D) menggunakan model pengembangan Dick, Carey &
Carey dengan metode campuran paralel konvergen. |
|
6. |
Teknik
Analisis |
Analisis deskriptif pada data
kualitatif dan kuantitatif. Validasi media menggunakan Aiken's V, uji
efektivitas melalui N-Gain dan effect size. |
|
7. |
Intrumen
Penelitian |
Penelitian ini menggunakan lembar
observasi, angket validasi media, dan tes berpikir kritis berupa pretest dan
posttest. Angket digunakan untuk mengukur validitas media, sedangkan tes
berpikir kritis untuk menilai efektivitas media dalam meningkatkan kemampuan
siswa. |
|
8. |
Variabel
Penelitian |
Variabel bebas adalah media digital
berbasis STEM, sedangkan variabel terikat adalah keterampilan berpikir kritis
siswa. |
|
9. |
Hasil
dan Pembahasan |
Media digital STEM terbukti valid
dengan Aiken’s V (0,85–0,93). Efektivitas media ditunjukkan melalui N-Gain
sebesar 0,36 (kategori sedang) dan effect size 2,44 (kategori tinggi),
menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan berpikir kritis siswa. |
|
10. |
Kesimpulan |
Media digital STEM efektif
meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dengan respon sangat baik
pada evaluasi formatif. |
|
11. |
Analisis
Kritis |
Media digital berbasis STEM
merupakan inovasi yang efektif dan respons siswa sangat baik. Namun, cakupan
penelitian terbatas pada materi Hukum Archimedes, sehingga perlu perluasan
untuk mata pelajaran atau topik lainnya agar lebih aplikatif. |
|
12. |
Novelty |
Media digital berbasis STEM dengan
integrasi Learning Cycle 5E melalui Google Sites. Pendekatan ini relatif baru
di Indonesia, menghubungkan teori hukum Archimedes dengan konsep praktis
seperti desain kapal dan kapal selam. |
|
13. |
Link
Artikel |
https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/index
|
Daftar Rujukan
Adhitya Rahardhian, Indri Astuti, Haratua Tiur Maria. (2023). Pengembangan Media Digital STEM Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Hukum Archimedes. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, Volume 7, Nomor 2. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/index
=========================================================================
Novelty Artikel dan Analisis Kritis Artikel: Rancangan
Penelitian Campuran (Embedded Approach)
|
1. |
Judul
Artikel |
Penerapan Model Pembelajaran C-Pbl
(Context-And Problem Based Learning) Pada Materi Suhu Dan Kalor Untuk
Mentransformasi Pemahaman Konsep Peseta Didik. |
|
2. |
Penulis
|
Mutiara
Aulia Sabarrini, Taufik Ramlan Ramalis, Ika Mustika Sari. |
|
3. |
Tahun
Terbit |
2024 |
|
4. |
Tujuan |
Penelitian ini bertujuan untuk
mengimplementasikan model pembelajaran C-PBL (Context- and Problem-Based
Learning) untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi suhu
dan kalor. |
|
5. |
Metode |
Penelitian
menggunakan pendekatan Embedded Experimental Design, yaitu metode campuran
dengan data kuantitatif sebagai fokus utama yang dilengkapi data kualitatif
untuk mendukung hasil. |
|
6. |
Teknik
Analisis |
Data kuantitatif dianalisis dengan
membandingkan nilai pretest dan posttest menggunakan N-gain, sedangkan data
kualitatif dianalisis melalui deskripsi naratif berdasarkan temuan observasi
dan wawancara. |
|
7. |
Intrumen
Penelitian |
Penelitian ini menggunakan
instrumen kuantitatif berupa tes pemahaman konsep pada materi suhu dan kalor,
serta instrumen kualitatif berupa lembar observasi dan pedoman wawancara. Tes
digunakan untuk mengukur penguasaan konsep sebelum dan sesudah pembelajaran,
sedangkan observasi dan wawancara mengumpulkan data mengenai respons dan
partisipasi peserta didik selama penerapan model C-PBL. |
|
8. |
Variabel
Penelitian |
Variabel bebas berupa model
pembelajaran C-PBL (Context- and Problem-Based Learning), yang dirancang
untuk memberikan pembelajaran berbasis konteks dan pemecahan masalah.
Variabel terikatnya adalah pemahaman konsep peserta didik pada materi suhu
dan kalor, yang diukur melalui peningkatan nilai pretest dan posttest serta
analisis respon siswa terhadap pembelajaran. |
|
9. |
Hasil
dan Pembahasan |
Hasil kuantitatif menunjukkan
peningkatan pemahaman konsep dengan N-gain sebesar 0,64 (kategori sedang).
Data kualitatif menunjukkan bahwa peserta didik lebih termotivasi, aktif
berdiskusi, dan lebih memahami konsep melalui pendekatan berbasis konteks dan
pemecahan masalah, sehingga model ini mampu mengurangi miskonsepsi pada
materi suhu dan kalor. |
|
10. |
Kesimpulan |
Model C-PBL efektif dalam
meningkatkan pemahaman konsep, terutama dengan pendekatan kontekstual dan
pemecahan masalah yang relevan. |
|
11. |
Analisis
Kritis |
Pendekatan ini relevan dan inovatif
untuk pembelajaran fisika, namun penerapannya memerlukan waktu lebih lama dan
pelatihan khusus bagi guru. |
|
12. |
Novelty |
Penelitian ini memperkenalkan
integrasi konteks dan pemecahan masalah dalam model pembelajaran suhu dan
kalor, memberikan cara baru untuk mentransformasi pemahaman konsep peserta
didik. |
|
13. |
Link
Artikel |
https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNPF/article/view/5263/4896 |
Daftar Rujukan
Sabarrini, M. A., Ramalis, T. R., & Sari, I. M. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN C-PBL (CONTEXT-AND PROBLEM BASED LEARNING) PADA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK MENTRANSFORMASI PEMAHAMAN KONSEP PESETA DIDIK. Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 2830-4535. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNPF/article/view/5263/4896
Komentar
Posting Komentar